Langkah Langkah Penerapan Model Pembelajaran CTL

Para siswa kini tidak perlu khawatir karena dengan adanya model pembelajaran CTL akan memudahkan kalian memahami konsep-konsep akademis seperti konsep matematika, biologi atau fisika. Dimana pengertian model pembelajaran CTL atau Contextual Teaching and Learning adalah suatu model pembelajaran yang cocok dengan kinerja otak yang berguna untuk menyusun beberapa pola yang mewujudkan makna dengan cara menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari para siswa.

Cara Penggunaan Model Pembelajaran CTL Dalam Pembelajaran

Langkah langkah Penerapan model pembelajaran CTL

Metode pembelajaran dengan model pembelajaran CTL ini akan sangat berguna bagi siswa di masa depan baik dalam bermasyarakat ataupun di tempat kerja. Mengapa? karena dengan adanya metode ini mengaitkan antara materi yang diajarkan oleh guru dengan situasi nyata sehingga mendorong para siswa untuk menghubungkan antara materi yang telah dipelajari dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran akan berjalan dengan baik jika siswa mampu menyerap dan menghubungkan pada dunia nyata.

Langkah-langkah model pembelajaran CTL

Dengan menggunakan model pembelajaran CTL ini, guru dan siswa tidak harus melakukannya di dalam kelas saja tetapi dapat juga dilakukan di laboratorium atau ruang terbuka lainnya. Para guru harus kreatif memilih tempat yang benar-benar berhubungan dengan materi yang akan diajarkannya. Cara tersebut dilakukan agar para siswa tidak jenuh dan dapat menemukan hubungan secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkah model pembelajaran ctl :



  1. Mengembangkan pemikiran para siswa bahwa belajar akan lebih bermakna jika siswa mampu bekerja, menemukan dan mengonstruksikan sendiri segala pengetahuan dan keterampilan yang didapatkannya.
  2. Melakukan aktifitas inquiri pada semua pembahasan.
  3. Mengembangkan rasa ingin tahu para siswa untuk bertanya tentang materi yang dibahas.
  4. Menciptakan masyarakat belajar di dalam kelas.
  5. Menghadirkan beberapa model untuk contoh pembelajaran.
  6. Melakukan kegiatan refleksi pada akhir pertemuan.
  7. Melakukan penilaian dalam berbagai cara dan teknik. 
Silahkan Simak Juga Langkah langkah model Picture and Picture

Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran CTL

Proses belajar yang berlangsung secara alamiah dengan menghubungan antara materi dengan prakteknya secara langsung diharapkan tidak hanya sebatas transfer ilmu dari guru ke siswa saja namun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, setiap model pembelajaran pastinya memiliki hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Untuk itu kelebihan dan kekurangan model pembelajaran ctl menurut para ahli ini bisa menjadi bahan pertimbangan:

Kelebihan model pembelajaran CTL

(1) Bermakna dan riil
(2) Lebih produktif
(3) Menumbuhkan penguatan konsep

Kekurangan model pembelajaran CTL

(1) Pembimbingan guru lebih intensif
(2) Siswa harus menemukan dan menerapkan sendiri ide-idenya
(3) Bimbingan dan perhatian guru lebih ekstra kepada para siswanya.

Tujuan model pembelajaran CTL

Menurut Johnson dalam Sugiyanto (2007) model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan proses pendidikan yang memiliki tujuan menolong para siswa melihat makna yang terkandung di dalam materi akademik yang dipelajari dengan menghubungkan subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa tujuan dalam pembelajaran ini:
  • Memotivasi para siswa untuk tidak hanya menghafal namun memahami materi.
  • Melatih siswa berpikir kritis dan terampil dalam melakukan proses pengetahuan supaya dapat menemukan dan menciptakan hal yang bermanfaat bagi siapapun.
  • Menekankan pengembangan minat pengalaman siswa.
  • Pembelajaran lebih bermakna dan produktif.
  • Mengajak para siswa untuk melakukan aktivitas yang mengaitkan materi akademik dengan konteks kehidupan keseharian.
  • Menemukan dan mentransfer informasi-informasi kompleks secara individu dan menjadikan informasi tersebut miliknya sendiri.

Berdasarkan beberapa kelebihan dan kekurangan model pembelajaran ctl diatas, semoga dapat membantu guru untuk mempertimbangkan akan menggunakan model pembelajaran Ctl di dalam system mengajarnya.

0 komentar:

Posting Komentar