Langkah - Langkah Model Pembelajaran Picture And Picture Yang Tepat

Belajar memang menjadi salah satu hal yang sedikit membosankan bahkan bisa dibilang sangat membosankan bagi sebagian orang. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mengatasi malas belajar anaknya tersebut. Dan kini ada solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture menurut para ahli adalah model pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang dipasangkan atau diurutkan yang berguna untuk menerangkan suatu materi.

Memahami Model Pembelajaran Picture And Picture

Langkah langkah Model Pembelajaran Picture And Picture

Model pembelajaran picture and picture adalah salah satu bentuk pembelajaraan yang kooperatif. Mengapa disebut kooperatif? Karena memiliki system pengajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Model pembelajaran kooperatif ini terbilang cukup popular sehingga banyak diminati para pelajar. Dengan adanya model tersebut, diharapkan banyak anak mudah memahami segala pelajaran yang diperolehnya karena dikemas dengan suatu kreatifitas yang menarik.

Ciri-ciri model pembelajaran picture and picture

Penggunaan model pembelajaran picture and picture sebagai salah satu cara mengatasi kesulitan dalam belajar merupakan hal yang tidak diragukan lagi. Dimana dengan adanya model ini memiliki ciri-ciri yang akan menjadikan proses pembelajaran menyenangkan para siswa. Berikut ciri-ciri model pembelajaran picture and picture yang harus diketahui:
• Aktif
Siswa yang aktif dalam setiap proses pembelajaran akan menjadikan model pembelajaran apapun lebih mudah dipahami karena setiap hal yang tidak diketahui akan terpecahkan dengan bantuan guru yang menerangkan.
• Inovatif
Suatu pembelajaran harus memiliki sesuatu yang baru dan berbeda dari model pembelajaran lainnya sehingga para siswa memiliki minat untuk mengasah bakatnya dalam segala mata pelajaran yang diajarkan.
• Kreatif
Kreatifitas para siswa akan muncul jika pembelajaran tersebut menarik minatnya sehingga akan menghasilkan sesuatu atau menyelesaikan suatu permasalahan dari kesulitan dalam pelajaran dengan menggunakan model tersebut.

Langkah-langkah model pembelajaran picture and picture



Cara dalam menyusun suatu model pembelajaran picture and picture tidak bisa sembarangan karena selain berpengaruh dalam proses mengajar juga mengurangi pemahaman siswa dalam memahami suatu materi yang disampaikan sehingga diperlukan langkah-langkah yang sederhana untuk membuat para siswa mengerti apa materi yang akan dibahas.
  1. Guru menyampaikan kompetensi dasar dalam mata pelajaran tersebut.
  2. Guru menyajikan materi pengantar sebelum kegiatan mengajar dimulai.
  3. Guru menyediakan beberapa gambar sebagai materinya.
  4. Siswa akan secara bergantian mengurutkan gambar yang telah disiapkan.
  5. Siswa memberikan alasan atas gambar yang telah diurutkan.
  6. Alasan yang diungkapkan oleh siswa, selanjutnya guru menananmkan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  7. Guru dan siswa menyimpulkan pada akhir pembelajaran untuk penguatan materi.
Silahkan Baca Juga Langkah - Langkah Model Pembelajaran NHT

    Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Picture And Picture

    Dalam setiap model pembelajaran pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil model tersebut ke dalam proses pembelajaran kalian. Untuk itu, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran picture and picture yang perlu kalian ketahui.

    Kelebihan

    • Materi menjadi lebih terarah karena gambar diurutkan.
    • Materi mudah dipelajari dan dipahami.
    • Meningkatkan daya pikir atau daya nalar siswa.
    • Gambar yang menarik akan menjadikan pembelajaran lebih berkesan.

    Kekurangan

    • Kesulitan menemukan gambar yang sesuai materi dan berkualitas.
    • Kesulitan menemukan gambar yang sesuai dengan daya piker.
    • Kurang terbiasa dengan bahan utama pengajaran berupa gambar.
    • Diperlukan biaya khusus untuk pengadaan model tersebut.
    Beberapa contoh model pembelajaran picture and picture dapat dengan mudah kalian temukan di beberapa situs yang menyediakannya sehingga akan dengan mudah belajar dengan model pembelajaran picture and picture.

    0 komentar:

    Posting Komentar