Aliran Ilmu Kognitif Modern Dalam Model Pembelajaran SAVI

Model pembelajaran SAVI adalah singkatan dari beberapa karakteristik yaitu Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual. Somatic bermakna pembelajaran dengan memanfaatkan dan melibatkan seluruh tubuh, Auditory yaitu pembelajaran dengan cara berbicara dan mendengarkan, Visual yang memiliki arti pembelajaran dengan cara mengamati dan menggambar, selanjutnya Intektual yaitu pembelajaran dengan memecahkan masalah dan merenung.

Sintak Dalam Model Pembelajaran SAVI Yang Perlu Dilakukan

Langkah langkah Model Pembelajaran SAVI

Berdasarkan pengertian model pembelajaran savi menurut para ahli, metode ini berpengaruh besar dalam proses pembelajaran karena menggabungkan panca indra dengan aktivitas intelektual serta gerakan fisik. Adapun beberapa prinsip model pembelajaran SAVI yaitu melibatkan semua tubuh dan pikiran, kerjasama, kreasi, emosi positif, otak-citra yang menyerap informasi secara langsung dan otomatis.

Langkah langkah Model Pembelajaran SAVI

Model pembelajaran SAVI merupakan model pembelajaran dimana menekankan kepada para siswa untuk memanfaatkan panca indera yang dimiliki untuk melatih pola pikir siswa dalam memecahkan masalah secara kritis dan logis. Pembelajaran ini didukung oleh teori dalam model pembelajaran Accelerated Learning atau AL yaitu teori otak three In one, teori otak kanan/kiri dan pilihan modalitas (visual, auditorial dan kinestik). Berikut langkah langkah model pembelajaran savi:

a) Tahap Persiapan (Pendahuluan)

Pada model pembelajaran SAVI, hal pertama yang dilakukan adalah guru membangkitkan minat para siswa dengan memberikan perasaan dan sugesti positif, tujuan yang jelas dan bermakna, merangsang keingintahuan. Selain itu, guru juga berperan dalam menciptakan lingkungan fisik, social dan emosional yang positif serta menyingkirkan segala hambatan dalam belajar.

b) Tahap Penyampaian (Inti)



Untuk tahap kedua, guru sebaiknya membantu para siswa menemukan materi pembelajaran baru dengan cara menyenangkan, relevan dan melibatkan panca indra. Guru juga dapat melakukan uji coba kolaboratif, pelatihan memecahkan masalah, presentasi interaktif dan aneka macam cara lain untuk disesuaikan dengan gaya belajar para siswa.

c) Tahap Pelatihan (Inti)

Dalam tahap pelatihan, guru sebaiknya berperan membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara. Secara spesifik, hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru adalah melakukan pelatihan aksi pembelajaran, memecahkan masalah, simulasi dunia nyata dan melakukan aktifitas membangun ketrampilan dengan praktis.

d) Tahap Penampilan Hasil (Penutup)

Membantu siswa dalam menerapkan dan memperluas ketrampilan atau pengetahuan baru siswa pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat pada siswa merupakan hal yang hendaknya dilakukan oleh guru. Guru juga dapat menciptakan dan melaksanakan rencana aksi, melakukan pelatihan terus menerus, perubahan lingkungan dan melakukan evaluasi kerja.

Baca Juga Cara Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction

Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran SAVI

Dalam menggunakan model pembelajaran savi dalam matematika, pembelajaran ini dapat dilakukan dimana visual untuk menggambar grafik, diagram/gambar lain, audiotory untuk belajar mendengarkan informasi melalui berbagai media, somatic untuk praktik secara langsung dan intellectual untuk merenungkan. Model pembelajaran SAVI juga dapat diaplikasikan dalam berbagai mata pelajaran lain karena memiliki kelebihan sekaligus kekurangannya pula.

Kelebihan

Pembelajaran SAVI untuk diterapkan pada siswa akan membangkitkan kecerdasan terpadu secara penuh, meningkatkan kreatifitas dan kemampuan psikomotor serta . Selain itu, melalui metode secara auditory, visual dan intelektual maka ketajaman konsentrasi siswa akan maksimal.

Kekurangan

Pada penerapannya, model SAVI membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap serta harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga biaya pendidikan lumayan besar. Untuk dapat memadukan keempat karakteristik SAVI secara utuh, pembelajaran ini menuntut adanya guru yang mengerti secara keseluruhan.

Untuk dapat memahami model pembelajaran SAVI, ada beberapa referensi lainnya yaitu dengan cara Membeli buku model pembelajaran savi dan model - model pembelajaran lainnya. Cara tersebut bisa menambah wawasan kalian mengenai pembelajaran ini dengan jelas sebelum melakukannya sebagai proses belajar mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar