Pengertian Pendekatan Saintifik Dan Metode Pembelajaran

Pengertian pendekatan saintifik adalah kerangka ilmiah pembelajaran yang mana diterapkan pada kurikulum 2013 baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Berdasarkan pengertian pendekatan saintifik menurut para ahli, dalam proses pembelajaran ini terdapat tahapan-tahapan terutama dalam kegiatan inti. Pendekatan ini juga disebut sebagai bentuk pengembangan sikap, baik religi maupun social, pengetahuan dan ketrampilan peserta didik dalam proses pengaplikasian materi pelajaran.

Metode Pendekatan Dalam Pengertian Pendekatan Scientifik

Pengertian pendekatan saintifik
Berdasarkan pengertian pendekatan saintifik, proses pembelajarannya bisa dipadankan dengan kurikulum 2013. Mengapa demikian? Karena pada kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pada pendekatan saintific dalam pembelajarannya. Dalam pendekatan ini terdapat model pembelajaran yang berguna sebagai bingkai dari penerapan suatu pendekatan. Berikut ulasan tentang metode pendekatan dan langkah-langkahnya:

Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tergambar dan disajikan dari awal hingga akhir oleh guru secara khas. Untuk itu, meskipun ada banyak metode yang kurang sesuai dengan pendekatan saintifik ini namun terdapat beberapa metode yang disarankan pada kurikulum 2013. Berikut uraian tentang model pembelajaran yang telah disarankan:

Inquiry Based Learning

Dalam model pembelajaran ini, langkah yang dilakukan adalah melakukan observasi/pengamatan, mengajukan suatu pertanyaan, mengajukan dugaan/melakukan penalaran, mengumpulkan beberapa data yang terkait dengan dugaan, merumuskan beberapa kesimpulan berdasar data yang telah dianalisis dan mempresentasikannya.

Discovery Based Learning

Langkah-langkah menggunakan model ini adalah memberi stimulus/stimulation sesuai dengan materi/tema, mengidentifikasi masalah/problem statement, mengumpulkan data/data collecting, mengolah data/data processing, memverifikasi/verification, menyimpulkan/generalization.

Problem Based Learning

Untuk model pembelajaran project based learning, langkah yang harus dilakukan adalah mengorientasi masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, menyelidiki secara mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajian hasil, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Project Based Learning

Langkah-langkah pembelajaran berikut yaitu menyiapkan penugasan proyek/pertanyaan, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal sebagai langkah-langkah nyata, memonitor perkembangan proyek/kegiatan, menguji hasil kegiatan, mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan.

Baca Juga Pengertian Model Pembelajaran  Yang Benar dan Macam - macamnya

Langkah - langkah pendekatan saintifik

Berdasarkan pengertian pendekatan saintifik terdapat lima kegiatan utama dalam proses pembelajarannya yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengolah informasi/mengasosiasi dan mengkomunikasikannya. Berikut penjelasan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran:

a) Mengamati

Kegiatan mengamati dalam pengertian pendekatan saintifik adalah metode yang mengutamakan makna proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ini kegiatan yang dilakukan adalah melihat menggunakan alat atau tanpa alat, membaca, mendengarkan dan menyimaknya dengan seksama.

b) Menanya



Kegiatan menanya merupakan metode yang dilakukan untuk memperoleh informasi lain yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang informasi yang tidak dimengerti dari hal yang telah diperhatikan/digunakan.

c) Mengumpulkan informasi

Kegiatan pembelajaran mengumpulkan informasi berupa sebuah eksperimen dengan membaca dari sumber lain, mengamati aktivitas dan mewawancarai narasumber. Kompetensi ini akan mengembangkan sikap teliti, jujur dan sopan.

d) Mengolah informasi

Mengolah informasi yang telah dikumpulkan baik dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen atau mengamati dan mengumpulkan informasi. Melakukan kegiatan ini akan mengembangkan sikap disiplin, taat aturan dan kerja keras.

e) Mengkomunikasikan

Hasil pengamatan atau kesimpulan disampaikan dalam kegiatan ini sesuai hasil analisis secar lisan, tertulis atau media lainnya. Sikap yang dapat dikembangkan dari kegiatan ini adalah toleransi, berpikir sistematis dan mampu berbahasa yang baik dan benar.

Berdasarkan pengertian pendekatan saintifik yang diulas diatas, terdapat kelebihan dan kekurangan pendekatan pembelajaran scientifik diantaranya kelebihannya adalah siswa menjadi aktif dan kreatif, mengembangkan karakter dan penilaian mencakup semua aspek meskipun kekurangannya dibutuhkan kreativitas tinggi dari guru untuk menciptakan lingkungan belajar dan guru jarang menjelaskan materi pelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar