Memancing Kreatifitas Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing

Model pembelajaran snowball throwing adalah model pembelajaran tipe kooperatif yang desainnya seperti melakukan permainan melempar bola. Kegiatan ini menggunakan kertas berisi pertanyaan yang digulung bulat seperti bola lalu dilemparkan secara bergiliran diantara anggota kelompok yang sama. Model pembelajaran snowball throwing menurut para ahli ini memadukan beberapa pendekatan antara lain, integrative, komunikatif dan ketrampilan proses.

Sintak Model Pembelajaran Snowball Throwing

Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Langkah Langkahnya

Dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing, semua siswa tidak hanya bermain dengan cara menggulung dan melemparkan kertas namun juga menulis, bertanya, berpikir dan menjawab pertanyaan yang terdapat di kertas gulung. Penggunaan metode ini memiliki tujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal dan menguji daya serap materi pokok yang telah disampaikan.

Langkah langkah Model Pembelajaran snowball throwing

Untuk melakukan model pembelajaran snowball throwing, kondisi yang santai, tidak ada keributan, onar ataupun kisruh harus sangat diperhatikan supaya para siswa dapat berkonsentrasi dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Model ini memiliki ciri-ciri yaitu suatu permainan yang menyenangkan bagi siswa, komunikatif dan system belajar dua arah dimana guru dan para siswa berperan aktif untuk mencapai tujuan.
  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan dalam pembelajaran.
  2. Guru membentuk beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 hingga 6 siswa.
  3. Guru menunjuk siswa menjadi ketua pada masing-masing kelompoknya dan menjelaskan materi.
  4. Siswa yang telah ditunjuk menjadi ketua kelompok menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada anggota kelompoknya.
  5. Semua siswa mendapatkan lembar kerja dan menuliskan satu pertanyaan yang menyangkut materi yang dijelaskan ketua kelompok.
  6. Setelah menulis pertanyaan, lembar kerja di buat seperti bola dan dilemparkan ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit.
  7. Setelah dilempar dan setiap siswa mendapatkan satu bola kertas, selanjutnya semua siswa diberi kesempatan menjawab pertanyaan pada bola kertas secara bergantian.
  8. Guru menyimpulkan dari beberapa jawaban siswa.
Baca Juga Pengertian dan Langkah Model Pembelajaran Role Playing

    Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran snowball throwing



    Dengan pembelajaran tersebut, tidaklah mudah mencapai tujuan yang diinginkan meskipun dalam metode memiliki kelebihan yang baik untuk guru dan para siswa namun ada beberapa kekurangan dari model pembelajaran snowing throwing yang bisa menjadi kendala yang berarti jika tidak dipahami dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan model pembelajaran snowball throwing yang harus dipahami:

    Kelebihan

    Berdasarkan pengertian model snowball throwing menurut ahli, pembelajaran ini membuat siswa merasa senang karena belajar sambil bermain dan semua siswa dapat mengembangkan daya piker untuk membuat soal dan menjawab soal tanpa tahu pertanyaan siswa lainnya. Selain itu, dapat tercapainya aspek kognitif, psikomotor dan afektif menjadikan pembelajaran lebih efektif.

    Kekurangan

    Karena kelompok tersebut memiliki beberapa anggota, siswa yang cenderung nakal akan membuat keonaran. Berhubung soal dibuat oleh siswa maka kemungkinan soal yang dibuatnya hanya seputar materi yang dipahaminya saja. Ada pula kekurangan lain, dimana ketua kelompok yang tidak dapat menjelaskan materi dengan baik akan menghambat anggota lain kesulitan memahami materi yang disampaikan.

    Dari pengertian model pembelajaran snowball throwing diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing ini lebih efektif karena dapat mengembangkan potensi intelektual, emosional dan social pada para siswa. Hal ini terjadi karena semua siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran ini juga melatih siswa untuk mengemukakan pendapatnya secara kreatif dan cerdas serta dapat menggunakan kemampuan analitis dan daya imajinatif yang ada pada diri siswa itu sendiri. Demikian Ulasan yang dapat admin blog modelmodelpembelajaran.blogspot.co.id sampaikan terkait model pembelajaran snowball throwing, semoga bermanfaat.

    0 komentar:

    Posting Komentar